Sabtu, 19 Mei 2012

#A.H.A.D [A]njuran [H]idup berbekal untuk perjalanan [A]kherat yang pan[D]jang Hasil catetan kecil Kajian 2 Bulanan RISMA Masjid Alhidayah Cangakan oleh Ust. Joko


Zona Inspirasi ACER~Aku berCERITA #1
#22 April 2012  3:55 P.M       @KARANGANYAR


#Alloh telah berfirman yang berbunyi:
36. Dan orang-orang kafir bagi mereka neraka Jahannam. Mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati dan tidak (pula) diringankan dari mereka azabnya. Demikianlah Kami membalas setiap orang yang sangat kafir.
37. Dan mereka berteriak di dalam neraka itu : "Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami niscaya kami akan mengerjakan amal yang saleh berlainan dengan yang telah kami kerjakan." Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan (apakah tidak) datang kepada kamu pemberi peringatan? maka rasakanlah (azab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun. (Qs. Al-Fathir:36-37)


                Dalam tafsiran diatas dapat sedikit disimpulkan yaitu:
1. Bahwa yang menjadi penghuni neraka ada 2 golongan berdasarkan lamanya:
                a. Kekal :            yang berpenghuni yaitu orang kafir yang didalam dadanya tidak ada rasa keimanan sama sekali yaitu selain umat Islam
                b. Sementara: yaitu orang-orang Islam yang pernah melakukan dosa atau berdosa selama hidup didunia. Tetapi punya pengecualian setelah ia masuk neraka dengan berbagai macam prosesnya untuk membersihkan noda dosa,setelah bersih ia akan dimasukkan ke jannah
2. Sifat siksa di neraka yaitu tidak ditetapkan dibinasakan sebuah kematian karena tidak dalam keadaan mati ataupun hidup. Kalau disebut mati juga keliru karena keseharian saat disiksa di neraka mereka masih bisa Merasakan Penderitaannya.
3. Apa saja yang dilakukan orang di neraka saat disiksa yaitu orang-orang akan berteriak-teriak menangis merengek-rengek minta ampun dan sesekali mereka berkata janji kalu dikembalikan ke dunia mereka akan memperbaiki amal mereka dan beramal ibadah. Tetapai sejatinya kalau Alloh mengabulkan permintaan mereka, mereka didunia akan mengulangi perbuatan dosa lagi.
4. Barangsiapa yang melakukan kebaikan didunia untuk beramal sholeh maka mereka akan masuk ke Syurga dengan kekal.  Begitu juga sebaliknya. Diberi umur didunia untuk melakukan apa saja? Jatah umur kita didunia adalah 63 tahun yang diambil sesuai umur Rasululloh. Semua pilihan ada ditangan kita tinggal pilih setelah dibeberkan dengan gamblang bagaimana hari akhir yaitu sesuai amal dan perbuatan kita masing-masing.
5. Tanda-tanda hari kiamat ada dua yaitu muncul ada bayi yang mulai beruban(annadzir) dan kematian orang-orang terdekat. yaitu beruban disini masih muda sudah muncul uban yang biasanya yang beruban diatas 40tahunan.

#Hadits tentang jatah umur didunia 60tahun
Rasululloh bersabda:
"Apabila seorang hamba telah mencapai umur 60tahun sungguh Alloh telah memberikan udzhur (alasan) agar ia dapat mengambil peringatan dengan umur itu" (H.R. Bukhori ,Thabrani)

Keterangaan pada hadits ini yaitu bahwa Alloh telah cukup jelas memberikan alasan(umur) yang seharusnya manusia bisa menggunakannya dengan beramal sholeh didunia sehingga ia akan terbebas dari siksa neraka.
Alloh juga telah mengutus para pemberi peringatan (nabi,uban,demam, kematian anggota keluarga)

#Hadits tentang Tertipu dengan nikmat sehat dan waktu longgar
Rasulullah bersabda:
"Dua nikmat yang menipu terhadap kebanyakan manusia yaitu sehat dan waktu longgar" (H.R. Bukhori)

keterangan pada hadits ini yaitu bahwa kita bisa merasakan kenikmatan sehat ketika kita dalam keadaan menderita sakit dan merasakan kenikmatan waktu longgar ketika kita dalam keadaan kesibukan yang sempit. Dan kebanyakan orang tertipu akan kedua hal tersebut.

#Hadits tentang perjalanan ke syurga itu jauh dan mahal
Rasulullah bersabda:
"Barangsiapa yang takut (waktu perjalanan) maka hendaklah dia berpagi-pagi, dan barangsiapa yang berpagi-pagi maka sungguh ia akan sampai tujuan. Ketahuilah bahwa perdagangan Alloh itu mahal, ketahuilah perdagangan Alloh itu mahal" ( H.R. Al Hakim dalam Al Mustadrok)

keterangan pada hadits ini yaitu dalam perjalanan yang jauh kita harus memprepare segala keperluan logistik nya untuk melewati perjalanan itu yaitu dengan cara mempersiapkan nya sedini mungkin sebelum ajal itu tiba.
Jangan menunda-nunda kebaikan, tidak ada yang menjamin umur kita didunia sampai kapan!! Kalau harga Syurga itu mahal,kita harus bersungguh-sungguh sekuat tenaga untuk dapat meraihnya!
Yang paling jauh itu bukan matahari ataupun planet diluar bumi melainkan MASA LALU kita karena kita tidak bisa menemuinya lagi, maka dari sekarang yuk perbaiki amalaliyah kita!!
Maka sedari dini masih muda mari gunakan waktu kita untuk beramal shalih sebanyak dan semaksimal mungkin ya, hindari maksiat!!!

Ustadz berpesan: "WAKTU KITA DIDUNIA TERBATAS, SEDANGKAN PERJALANAN KITA JAUH (ABADI DAN KEKAL) YAITU AKHERAT"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk kesempurnaan blog, mohon setelah baca dikomen ya