Jumat, 27 Desember 2019

Cerita Lunasnya Mobil NgeRIBAnget.

          Hai, Cerita ini mau ngomongin masalah RIBA. Sudah tahu kan riba itu apa? Yup, riba itu sesuatu yang ditambahkan atau dari para ahli fiqih riba adalah akad pertukaran barang tertentu dengan tidak diketahui (bahwa kedua barang yang ditukar) itu sama dalam pandangan syari’at, baik dilakukan saat akad ataupun dengan menangguhkan (mengakhirkan) dua barang yang ditukarkan atau salah satunya. Riba hukumnya haram baik dalam al-Qur-an, as-Sunnah maupun ijma’. Dan macam-macam riba yaitu : Riba dalam hal peminjaman, Riba dalam hal hutang, Riba dalam hal gadaian. Contohnya riba dalam peminjaman yaitu Seseorang meminjam uang 10 dirham tetapi harus mengembalikan 11 atau 12 dirham dan lain sebagainya. Dah segitu aja prolog tentang ribanya.
          Sedikit cerita nih kasusnya dari saya pribadi pernah melakukan Riba transaksi meminjam dengan leasing untuk membeli sebuah Mobil dengan cara kredit. Cerita berawal dari tahun 2015 dimana kita memutuskan untuk membeli mobil A**A LCGC dengan harga Rp. 70k. Waktu itu kami tidak tau menahu apa itu riba sehingga asyik aja ambil itu mobil tanpa pikir panjang dengan iming-iming DP murah dan cicilan bulanan murah (DP 15k, cicilan 1,7k x 5 tahun) padahal mobil yang dibeli yang spek nya paling rendah sekali. Ditengah perjalanan kami tak terasa sudah tahun ketiga cicilan mobil dan sudah dihitung-hitung kok ditotal sudah seharga mobil itu. Tiap bulan kita sisihkan uang gajian  3tahun x 12 x 1,7k + 15k. Kepala sudah mulai pusing-pusing. Anak pun lahir dan sudah usia 2tahun jalan. Apalagi kalau sudah tahu
          Cerita itu pun tiba, setelah baca postingan status mas Saptuari Sugiarto tentang apa Riba dan malam itu juga saya klik no wa nya untuk pesan buku tetralogi Cerita-cerita tentang Riba nya. Selagi masih nyicil dan buku itu datang paketnya dirumah saya diantar oleh JN*, setelah baca bukunya mak deg ke ati berasa sekali resonansi nya. Deg-degan tiap bulan ditelepon CS nya Leasing, deg-degan uang sisa tabungan cukup tidak untuk kebutuhan hidup sehari-hari, deg-degan nya anak kebutuhan susu dan lain-lainnya makin nambah. Dan akhinya berpikir sudah saatnya di jual ini mobil sudah ga beres ini.
Cerita berlanjut, saya coba jual mobil dengan membuat postingan di WA grup dengan membuat semenarik mungkin fotogenik biar laku dan harga yang tidak terlalu mahal dipikir masuk akal biar orang paling tidak nanya. Dan yang kedua saya posting difacebook dan OLX yang prinsipnya sama yaitu buat penawaran semenarik mungkin.
          Disisa ikhtiar tersebut saya tak lupa terus tancap gas berdoa setiap akhir sholat. Ya Allah jika memang rejeki ku dan baik bagi hamba hadirkan pembeli mobil tersebut dengan harga yang pantas, dan jika memang bukan rejekiku berikan jalan keluar yang terbaik untuk urusan ini.  Setelah menunggu hari demi hari akhirnya ada yang melirik iklan saya. Sampai beberapa calon pembeli yang datang ke rumah mengecek unit, tawar-menawar pun terjadi. Dan setelah pembeli yang ke 5 akhirnya ada yang berjodoh dengan mobil kita datang malam-malam pukul 23.00 jauh-jauh dari cikarang dan langsung memberikan DP tanda jadi. Dan keesokan harinya langsung melunasi dengan bareng-bareng ke Kantor Leasingnya. Dengan harga Rp 64k sekian. Dan langsung plooooong rasa nya setelah Lunas dari Riba. Untuk kalian yang belum pernah jangan coba-coba cukup kita aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk kesempurnaan blog, mohon setelah baca dikomen ya